Putih Abu-abu Masih Jadi Topik Utama

Seragam putih-abu. Masih jadi topik kita hari ini

Para pembaca pastinya sering mendengar kalimat ini : “Jaman SMA memang tidak terlupakan”, atau ini : “Jaman SMA memang luar biasa”. Kalimat-kalimat tersebut tidak semuanya disetujui oleh orang lain. Tapi terlepas dari setuju dan tidak setuju, masa-masa hidup kita saat mengenyam bangku SMA sering dijadikan bahan pembicaraan di dalam sebuah kelompok sosial tertentu. Kadang-kadang pembicaraan tersebut mengarah pada hal-hal positif yang pernah dilakukan mereka saat masih duduk di bangku SMA, bahkan terkadang mengenai hal-hal negatif saat SMA.

Dengan tidak memandang kenangan-kenangan spesifik saat kelas 1, 2, atau bahkan saat kelas 3, secara garis besar pasti kita mempunyai kenangan-kenangan tersebut. Dan ketika kita bertemu teman-teman saat SMA lagi, membicarakan hal seperti itulah yang menjadi agenda utama di setiap pertemuan.

Menjadi murid SMA di dalam tingkatan sosial masyarakat sendiri mengambil peran yang sangat penting. Karena saat SMA, kita berada pada daerah peralihan dari ABG (anak baru gede) menjadi tingkat yang lebih dewasa. Dan ketika memasuki masa SMA juga, secara psikologis manusia sedang mencari jati dirinya. Maksud dari jati diri di sini adalah peranan seorang manusia dalam masyarakat dan seberapa penting peranan manusia dalam masyarakat. Karena masyarakat menempatkan sosial pada masa SMA, maka kebanyakan siswa SMA sering melakukan pembangkangan. Pembangkangan yang dilakukan oleh siswa biasanya karena siswa tersebut tidak dapat menerima status sosial yang diembannya dalam kehidupan bermasyarakat.

Pengertian dan penjelasan di atas tentang sikap dan perilaku saat masih SMA justru menjadi perbincangan menarik saat kita sudah berada pada tingkatan yang lebih tinggi. Bahkan tidak jarang, kita menemukan kelucuan-kelucuan dari kegiatan kita saat SMA. Padahal kita tahu bahwa kegiatan tersebut sangat wajar apabila kita lakukan saat masih SMA. Semakin tinggi tingkatan kita dalam masyarakat, maka kita akan semakin banyak menemukan kelucuan-kelucuan di kehidupan masa lalu kita. Seperti saya yang sedang mengenyam bangku kuliah, ternyata sudah banyak kenangan masa SMA yang saya ingat sebagai kejadian biasa namun menjadi lucu apabila saya berpikir dengan cara pandang mahasiswa. Apalagi ketika saya sudah bekerja nanti, mungkin saya menemukan kenangan lucu lebih banyak ketika saya melihatnya dari cara pandang yang lebih dewasa.

Menjadi lucu dan jahil saat SMA bukan sebuah kesalahan. Menurut saya hal itu wajar, mengingat wawasan berpikir kita juga masih pendek dan sempit. Namun ketika sudah dewasa dan mash jahil, itu yang merupakan kesalahan besar. Karena menurut saya, orang yang masih mengerjakan kegiatan-kegiatan negatif saat masih SMA berarti cara pandang dan wawasannya masih sempit. Dan ketika sudah seperti itu, kita tidak akan bertahan apalagi berkembang dalam kehidupan masyarakat sosial saat ini.

Terlihat bahwa masa-masa SMA masih jadi topik pembicaraan yang menarik

Senang rasanya ketika saya berusaha membuka kembali kenangan-kenangan masa SMA di dalam blog ini dan menerima apresiasi yang luar biasa dari para pembaca. Perlu diketahui, sebelumnya rekor page view blog saya adalah 180 pembaca sehari. Tapi ketika saya mencoba membuka kenangan saat masih duduk di bangku SMA, page view blog saya kemarin meningkat drastis, dan tulisan yang paling banyak dibaca adalah tentang aksi menarik yang pernah dilakukan oleh guru-guru saya saat SMA dulu. Banyaknya pembaca yang membuka post tentang kenangan saat SMA, membuat saya berkesimpulan bahwa kalimat di paragraf awal tadi terbukti benar. Saya berkesimpulan seperti itu karena melihat respon yang luar biasa dari para pembaca. Dari mulai komentar yang kebanyakan positif, hingga permintaan tentang video saat momen tersebut oleh beberapa teman-teman saya. Tetapi sayangnya video saat momen tersebut telah hilang.

Saya berharap tulisan-tulisan saya tentang kenangan-kenangan masa SMA bermanfaat bagi teman-teman pembaca, dan semoga bisa meredam segala kerinduan.

5 comments on “Putih Abu-abu Masih Jadi Topik Utama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s