Saka dalam Pramuka

Satuan Karya (Pramuka)

Satuan Karya Pramuka (Saka) adalah wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan pengalaman para pramuka dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Satuan Karya diperuntukkan bagi para Pramuka Penggalang Terap, Pramuka Penegak dan Pandega, dan para pemuda usia 14-25 tahun dengan syarat khusus. Setiap Saka memiliki beberapa krida, dimana setiap Krida mengkususkan pada sub bidang ilmu tertentu yang dipelajari dalam Satuan karya tersebut. Setiap Krida memiliki SKK untuk TKK Khusus SAKA yang dapat diperoleh Pramuka yang bergabung dengan Krida tertentu di sebuah Saka. Satuan Karya juga memiliki kegiatan khusus yang disebut Perkemahan Bhakti (Perti) Satuan Karya.

Satuan Karya Pramuka saat ini ada 7, yang membidangi bidang tertentu. Ketujuh satuan karya tersebut ialah :

Saka Dirgantara

Lambang Saka Dirgantara

Satuan Karya Pramuka Dirgantara adalah wadah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang kedirgantaraan guna menumbuhkan kesadaran untuk membaktikan dirinya dalam pembangunan nasional. Ialah Satuan Karya yang membidangi bidang kedirgantaraan, umumnya saka ini hanya berada di wilayah yang memiliki potensi kedirgantaraan atau memiliki landasan udara.Pelatihan Pramuka Saka Dirgantara umumnya memperbantukan para profesional di bidang kedirgantaraan, TNI-AU pihak perusahaan penerbangan dan klub aeromodelling. Pelatihan biasanya diadakan di sebuah Pangkalan Udara tertentu.Saka Dirgantara meliputi 3 krida, yaitu :

Krida Olahraga Dirgantara (ORGIDA)

Krida Pengetahuan Dirgantara

Krida Jasa Kedirgantaraan

Saka Bhayangkara

Lambang Saka Bhayangkara

Satuan Karya Pramuka Bhayangkara adalah wadah kegiatan kebhayangkaraan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), guna menumbuhkan kesadaran berperan serta dalam pembangunan nasional.Ialah Satuan Karya yang membidangi bidang kebhayangkaraan.Saka Bhayangkara ialah Satuan Karya terbesar dan paling berkembang di Indonesia.Saka Bhayangkara dapat dibentuk di hampir seluruh wilayah Kwartir di Indonesia, tidak terbatas pada suatu sumber daya atau kondisi alam.Dalam pelatihan Saka Bhayangkara, umumnya Gerakan Pramuka bekerjasama dengan pihak Kepolisian Republik Indonesia dan terkadang memperbantukan pihak Dinas Pemadam Kebakaran.Biasanya Saka Bhayangkara berada dibawah pembinaan POLRI. Saka Bhayangkara meliputi 4 krida, yaitu :

Krida Ketertiban Masyarakat

Krida Lalu Lintas

Krida Pencegahan dan Penaggulangan Bencana

Krida Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPKP)

Saka Bahari

Lambang Saka Bahari

Satuan Karya Pramuka Bahari adalah wadah bagi Pramuka yang menyelenggarakan kegiatan-kegiatan nyata, produktif dan bermanfaat dalam rangka menanamkan rasa cinta dan menumbuhkan sikap hidup yang berorentasi kebaharian termasuk laut dan perairan dalam.Ialah Satuan Karya yang membidangi bidang Kelautan.Pembinaan Saka Bahari bekerjasama dengan pihak TNI-AL, Profesional di bidang Olahraga Air, Departemen Pariwisata dan Departemen Kelautan. Umumnya Saka Bahari hanya berada di wilayah yang memiliki potensi di bidang Bahari. Saka Bahari meliputi 4 krida, yaitu :

Krida Sumberdaya Bahari

Krida Jasa Bahari

Krida Wisata Bahari

Krida Reksa Bahari

Saka Bhakti Husada

Lambang Saka Bakti Husada (Maaf, dapetnya yg kecil)

Satuan Karya Pramuka Bakti Husada adalah wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kesempatan untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat dalam bidang kesehatan.Pembinaan Saka Bhakti Husada berada dibawah naungan Gerakan Pramuka yang bekerjsama dengan Departemen Kesehatan, Dinas Kesehatan, PMI, Rumah Sakit, dan juga Lembaga Kesehatan Profesional lainnya. Saka Bakti Husada meliputi 5 krida, yaitu :

Krida Bina Lingkungan Sehat

Krida Bina Keluarga Sehat

Krida Penanggulangan

Saka Kencana (Keluarga Berencana)

Lambang Saka Kencana

Satuan Karya Pramuka Kencana adalah wadah kegiatan dan pendidikan untuk meningkatkan pengetahuan keterampilan praktis dan bakti masyarakat, dalam bidang Keluarga Berencana, Keluarga Sejahtera dan Pengembangan Kependudukan.Pembinaan Saka Kencana berada dibawah Gerakan Pramuka yang bekerjasama dengan Badan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Saka Kencana meliputi 4 krida, yaitu :

Krida Bina Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KB dan KR)

Krida Bina Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KS dan PK)

Krida Advokasi dan Komunikasi Informasi Edukasi (Advokasi dan KIE)

Krida Bina Peran Serta Masyarakat (PSM).

Saka Taruna Bumi

Lambang Saka Taruna Bumi

Satuan Karya Pramuka Tarunabumi adalah wadah bagi para Pramuka untuk meningkatkan dan mengembangkan kepemimpinan, pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan kecakapan para anggotanya, sehingga mereka dapat melaksanakan kegiatan nyata dan produktif serta bermanfaat dalam mendukung kegiatan pembangunan pertanian.Pembinaan Saka Taruna Bumi bekerjasama dengan Departemen Pertanian, Dinas Pertanian, LIPI, dan Lembaga Holtikultura. Saka Tarunabumi meliputi 5 krida, yaitu :

Krida Pertanian dan Tanaman Pangan

Krida Pertanian Tanaman Perkebunan

Krida Perikanan

Krida Peternakan

Krida Pertanian Tanaman Holtikultura.

Saka Wanabhakti

Lambang Saka Wana Bakti

Satuan Karya Pramuka Wanabakti adalah wadah bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk melaksanakan kegiatan nyata, produktif dan bermanfaat dalam rangka menanamkan rasa tanggungjawab terhadap pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup.Pembinaan Saka Wanabhakti bekerjasama dengan Departemen Kehutanan , dan LSM Lingkungan Hidup/Lembaga Profesional terkait.Saka Wanabakti meliputi 4 (empat) krida, yaitu :

Krida Tata Wana

Krida Reksa Wana

Krida Bina Wana

Krida Guna Wana.

About these ads

13 comments on “Saka dalam Pramuka

  1. salam pramuka,
    salam kenal….. alangkah bagusnya kalau di tambah dengan SKK nya sekalian, jd bisa nambah pengetahuan. mksh

  2. salam pramuka ,
    salam kenal saja buat saya ,,

    Law boleh tau berap orang yang akan di terima sebagai anggota pramuka garuda tiap provinsi ? mksh
    bls…

    • sebanyak orang bisa mencapai persyaratan menjadi pramuka garuda..
      karna pramuka garuda ga dibatasin anggotanya,cuma karena jarang saja yang mencapai kompetensi itu.

    • maaf baru balas, anggota PBB yang ideal adalah yang semua anggotanya bergerak bersama, serempak dan tentunya harus sehati. karena kekompakan dan kerapihan dalam PBB adalah unsur penilaian paling penting..

  3. waduh .. bantuin dongg .. ada blog atau link ttg saka kencana di dunia gak ?? saya saka kenvana bontang , kaltim lagi di tugasi nyari ttg saka kencana duniaa T.T

  4. Artikel.a ckup bgus..
    Tpi klw bisa lbih di.perinci lg ya..
    Biar bsa lbih mngtahui scara mndalam tntang skk nya..
    Thanks..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s